-->

Coice Your Language

Gansing,Permainan Tradisional Memanfaatkan Barang Bekas

Pemanfaatan kaleng bekas sebagai alat permainan tradisional di Lombok.

Kedua anak ini terlihat tengah asyik bermain gansing yang mereka buat sendiri. Permainan gansing ini bukanlah barang baru,tetapi sudah puluhan tahun ada di Daerah Lombok. Namun akibat tergerus oleh tekhnologi seperti PS,HP dan lainnya permainan ini semakin asing untuk di jumpai.


Dari keterangan Yogi,dirinya membuat Gansing tersebut menggunakan kaleng Pilok (cat semprot) yang dipotong dan diambil bagian atasnya saja,selanjutnya bagian bawah gansing ditaruhkan ujung Pulpen dan tinggal ditambahkan aluminium antena yang bundar sebagai tempat melilitkan tali Nilon agar dapat berputar kencang.
"Saya mengggunakan kaleng pilok,terus kalo ada Polpen yang tintanya dah abis,saya pake buat ujung gangsing. Ini untuk peganggannya saya biasanya pake bekas Antene "


Memang dalam membuat gansing ini tidaklah terlalu sulit,semua jenis kaleng semprot dapat di manfaatkan. Namu,agar terhindar dari luka,sisi-sisi dari gansing haruslah di bersihkan supaya halus.
Dibandingkan dengan gansing kayu,gansing ini,jauh lebih mudah dalam pembuatannya. Disamping tidak merusak pohon,barang bekas juga dapat di manfaatkan dan tentunya menghemat uang.

Di Lombok sendiri,biasanya anak-anak berkumpul bersama temannya setelah pulang dari Sekolah untuk bermain Gansing ini.

3 Responses to "Gansing,Permainan Tradisional Memanfaatkan Barang Bekas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel